Search This Blog

Sunday, February 28, 2010

Installasi Oracle 10g

Oracle Corp. sekarang telah mengeluarkan Oracle Database 10g Express Edition atau lebih dikenal dengan Oracle XE. Database ini adalah versi gratis dari semua versi oracle yang ada. Walaupun dengan fasilitas yang sederhana, tapi banyak kemudahan-kemudahan yang bisa kita dapatkan dibandingkan versi-versi oracle yang lain. Diantaranya adalah proses instalasi yang sangat mudah yang sangat berbeda dengan instalasi versi-versi oracle yang lain.

Anda dapat mengunduh (download) database OracleXE pada situs oracle, tentunya Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Langkah-langkah instalasi database ini adalah sebagai berikut :

  1. Klik file instalasi Oracle XE yang telah di-download.
  2. Ikuti instruksi yang disampaikan yaitu penempatan hasil dari instalasi tersebut. Biasanya akan ditunjukkan ke folder C:\oraclexe
  3. Isikan username SYS atau SYSTEM dan masukkan passwordnya. Jangan sampai lupa pasword ini !!! Isikan dengan kata-kata yang mudah diingat. karena user ini adalah super user yang nanti dapat membuat user-user lainnya.
  4. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Cara ini sangatlah praktis dibandingkan proses instalasi versi oracle yang lain. Maka… manfaatkanlah kemudahaan ini untuk kita gali semua yang bermanfaat.

Semoga berhasil … !!

No comments:

Post a Comment